SISTEM PENDINGIN
Panas hasil
pembakaran di dalam mesin, sebagian diubah menjadi tenaga penggerak,
sebagian dibuang keluar sebagian gas buang,dan sebagian lagi diserap
oleh bagian-bagian mesin.
Ada dua cara sistem pendinginan pada mesin, yaitu sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air: Tetapi yang lebih umum digunakan pada mobil adalah sistem pendinginan air
sistem pendinginan air di lengkapi dengan radiator, pompa air, termostat, kipas angin, mantel dan komponen palengkap lainnya.
menghemat tenaga mesin dan mengurangi kebisingan bunyi kipas. Kipas pendingin elektrik ini hanya bekerja bila diperlukan, sehingga dapat
Panas
yang diserap ini harus dibuang juga keluar agar panas mesin tidak
berlebilan (over heating), sebab panas yang berlebihan dapat
menyebabkan gangguan pada kerja mesin dan menyebabkan kerusakan yang
fatal.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan.
Ada dua cara sistem pendinginan pada mesin, yaitu sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air: Tetapi yang lebih umum digunakan pada mobil adalah sistem pendinginan air
sistem pendinginan air di lengkapi dengan radiator, pompa air, termostat, kipas angin, mantel dan komponen palengkap lainnya.
bersirip,
yang dapat dilalui air pendingin dari tangki atas ke tangki bawah.
Komponen lain yang bersatu dengan radiator adaiah tutup radiator, tangki
cadangan, selang atas, selang bawah, dan katup pembuang.
Tutup radiator
Tutup radiator selaiu berfungsi menutup Iubang pemasukan air radiator, juga mempertahankan keadaan air agar tidak mendidih meskipun suhunya mencapai l00"C atau lebih. Suhu yang tinggi menyebabkan volume dan tekanan air bertambah. Bila tekanan air dan uapnya naik, maka katup pengaman pada tutup radiator akan menjadikan membebaskannya melalui pipa pembuangan dan tangki cadangan bila volume air dari radiator memuai karena naiknya suhu, maka air pendingin yang berlebihan dikirim ke tangki cadangan. Sebaliknya bils suhu turun, air yang ada dalam tangki akan kembali ke radiator.
ini diatur oleh katup pengaman pada tutup radiator
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_vepdYzfNkhvu_sKt7AmxOb8ig3IBDpzZblEKwh-RojD2x2_F0mjnJZuQ24VrBkvcKeHtmHQNl7vtOHtIdgLlkLkSF9_dJvkJk=s0-d)
Tutup radiator selaiu berfungsi menutup Iubang pemasukan air radiator, juga mempertahankan keadaan air agar tidak mendidih meskipun suhunya mencapai l00"C atau lebih. Suhu yang tinggi menyebabkan volume dan tekanan air bertambah. Bila tekanan air dan uapnya naik, maka katup pengaman pada tutup radiator akan menjadikan membebaskannya melalui pipa pembuangan dan tangki cadangan bila volume air dari radiator memuai karena naiknya suhu, maka air pendingin yang berlebihan dikirim ke tangki cadangan. Sebaliknya bils suhu turun, air yang ada dalam tangki akan kembali ke radiator.
ini diatur oleh katup pengaman pada tutup radiator
.
Pompa air
pompa
air berfungsi mensirkulasikan air pendingin. Umumnya yang banyak
digunakan adalah jenis sentrifugal. Pompa air ini ditempatkan di bagian
depan blok silinder dan digerakkan oleh puli poros engkol melalui tali
kipas (V belt).
Termostat
termostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja mesin kemudian mempertahankan temperatur kerja tersebut pada saat mesin bekerja.
Jika air masih dingin katup termostat tertutup, sirkulasi air tidak melalui radiator tetapi langsung melalui pipa bypass. Jika air sudah terlalu panas, katup temostat terbuka dan sirkulasi air melalui radiator,
termostat berfungsi mempercepat tercapainya temperatur kerja mesin kemudian mempertahankan temperatur kerja tersebut pada saat mesin bekerja.
Jika air masih dingin katup termostat tertutup, sirkulasi air tidak melalui radiator tetapi langsung melalui pipa bypass. Jika air sudah terlalu panas, katup temostat terbuka dan sirkulasi air melalui radiator,
kipas
pendingin bila kendaraan tidak bergerak, udara luar tidak akan cukup
mendinginkan radiator, oleh karena itu diperlukan kipas pendingin untuk
membantu mendinginkan radiator. Kipas pendingin umunmya digerakkan oleh
poros engkol meialui tali kipas
Tetapi ada juga kipas pendingin yang digerakkan oleh motor listrik
(
Tetapi ada juga kipas pendingin yang digerakkan oleh motor listrik
(
menghemat tenaga mesin dan mengurangi kebisingan bunyi kipas. Kipas pendingin elektrik ini hanya bekerja bila diperlukan, sehingga dapat
No comments:
Post a Comment